Selasa, 12 Juli 2016

Sejenak Berdansa di Atas Jeram!



Sobat.. “Dunia adalah milik para pemberani!” Yup, setidaknya inilah slogan para penggiat alam bebas yang masih diyakini validitasnya hingga kini. Tersemat unsur adiksi sebagai daya tarik berulang bagi para penganutnya.


Dalam kitab suci mereka, seakan tidak ada kata “cukup” untuk kembali berpetualang dan menantang bahaya di hari-hari mendatang. Pertanyaannya kini; Pemberani dengan predikat seperti apa yang ideal..?!

Mereka yang penuh persiapan dan perhitungan matang -sebelum dan saat- mengarungi jeram adalah para penjelajah yang memang sejatinya ingin menikmati karunia Sang Pemilik Semesta. Bukan bersikap congkak apalagi unjuk eksistensi seraya menantang kemegahan alam.

Karenanya, setelah terjun dan menikmati langsung geliat arus liar sungai Citatih, Sukabumi - Jawa Barat, berikut contekan singkat perihal do’s and don’ts yang (mungkin) perlu Anda cermati agar aktivitas rafting semakin nyaman serta meninggalkan kesan yang seru dan menyenangkan bersama para sahabat lainnya.

Ready to Get Wet
Kemahiran renang merupakan syarat awal. Siapkan dry bag bila ingin membawa kamera, HP, sun block, obat pribadi, ataupun kudapan sepanjang menyusuri riak sungai. Jangan panik bila perahu terbalik dan gunakan kemahiran renang sobat untuk kembali muncul ke permukaan air.

Fit to the Max
Sebelum mengarungi sungai, tubuh baiknya dalam kondisi prima. Jaga asupan nutrisi dan lakukan pemanasan (stretching full body), demi relaksasi dan menghindari keseleo, kram otot. Jangan ragu untuk “mundur” bila memang sedang tidak siap rafting. Sejatinya, kita yang lebih mengetahui kondisi kebugaran fisik dan mental diri sendiri.

Safety First
Kenakan pakaian yang nyaman untuk renang serta sepatu berbobot ringan/sendal gunung berikat (strap). Tak lupa pelindung kepala, pelampung, dan dayung -biasanya disediakan pihak operator. Cek kelengkapan, kenyamanan serta fungsi atribut sebelum turun ke air. Penting untuk selalu perhatikan instruksi pemandu.

Meski rafting termasuk aksi uji adrenalin yang menempa kekompakan tim demi raihan target bersama, batasan-batasan sederhana ini tetap patut diperhatikan, terlebih bagi para sahabat yang baru pertama kali mencoba untuk sejenak "berdansa" di atas jeram. Last but not least, just enjoy the ride and be ready to rock and roll.. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar